6 Manfaat Kopi Untuk Rambut, Menghilangkan Uban & Rambut Rontok

08 Mei 2024 16:21

6 Manfaat Kopi Untuk Rambut, Menghilangkan Uban & Rambut Rontok

Tahukah kamu, kopi bukan hanya digunakan untuk menghilangkan rasa kantuk ataupun menemani hari kamu dalam bekerja. Kopi ternyata juga bisa bermanfaat untuk rambut lebih sehat. Apa saja manfaat kopi untuk rambut?


Hasil penelitian Effect of Caffeine and Testosterone on the Proliferation of Human Hair Follicles in Vitro oleh T. W. Fischer  menunjukkan bahwa kopi khususnya kafein yang terkandung di dalamnya dapat memperbaiki penampilan dan tekstur rambut. Kopi merupakan bahan yang banyak memberikan manfaat untuk rambut dan kulit kepala, selain itu aromanya juga sangat menyegarkan.

1. Mengembalikan Pertumbuhan Rambut


Kerontokan rambut dapat terjadi seiring bertambahnya usia, ini bisa dialami oleh pria maupun wanita. Menggunakan kopi sebagai bahan scrub rambut dapat menghentikan kerontokan rambut dan mendorong pertumbuhan kembali.

Dalam kasus kebotakan pria, rambut rontok biasanya terjadi ketika hormon seks dihidrotestosteron (DHT) merusak folikel rambut. Sedangkan pada wanita dengan terlalu banyak DHT juga bisa mengalami kerontokan rambut. Kerusakan folikel rambut terjadi secara bertahap, yang akan menyebabkan kebotakan. Namun menurut penelitian, kafein dalam kopi dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dan menghentikan kerontokan rambut.

Sebuah studi pada 2007 menemukan bahwa kafein dapat membantu memblokir efek DHT pada folikel rambut pria. Ini merangsang pemanjangan batang rambut, menghasilkan akar rambut yang lebih panjang dan lebih lebar. Ini juga memperpanjang durasi anagen, yang merupakan tahap pertumbuhan rambut. Studi ini juga menguji efek kafein pada folikel rambut wanita dan menemukan bahwa kafein memiliki efek pertumbuhan pada folikel rambut.

Karena kafein adalah stimulan, kafein juga meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut. Ini juga dapat membantu rambut tumbuh lebih cepat dan menjadi lebih kuat, memberikan tampilan rambut yang lebih penuh dan lebih tebal

2. Membuat Rambut Lebih Lembut dan Berkilau


Membilas rambut kamu dengan kopi juga dapat memperbaiki rambut yang kusam. Karena kopi mengandung flavonoid, antioksidan yang mendorong regenerasi rambut.

Batang rambut kamu bisa menjadi lebih halus. Sehingga rambut ikal yang susah disisir bisa jadi lebih lembut dan mudah untuk diurai setelah memakai kopi sebagai scrub.

Kafein juga memiliki efek diuretik pada tubuh. Mungkin kamu mengira kafein akan memiliki efek mengeringkan saat dioleskan pada rambut. Namun, kafein tidak menghilangkan minyak pada rambut. Sebaliknya, manfaat kopi untuk rambut dapat membantu kamu mempertahankan kelembapan dan menciptakan kilau alami. Peningkatan sirkulasi darah membantu memindahkan nutrisi ke akar rambut, menghasilkan rambut yang lebih sehat dan berkilau.

3. Manfaat Kopi untuk Rambut, Mengatasi Uban

Kopi juga berguna jika kamu ingin mewarnai rambut beruban atau menggelapkan warna rambut secara alami. Kopi berwarna gelap, sehingga bisa bertindak sebagai noda pada rambut. Ini adalah cara cepat untuk menyembunyikan uban dan memiliki rambut cokelat atau hitam. Untuk hasil terbaik, gunakan kopi kental seperti espresso.


Baca juga : 5 Manfaat Jahe Untuk Rambut



4. Eksfoliasi Kulit Kepala


Kopi dikenal sebagai exfoliator yang sangat baik. Bubuk kopi dapat membantu mengelupas kulit kepala dan menyingkirkan penumpukan produk, kotoran dan kotoran yang terkumpul di kulit kepala. Manfaat kopi untuk rambut juga secara signifikan mengurangi ketombe, membuat rambut kamu sehat secara keseluruhan. Ekstrak kafein bermanfaat bagi rambut untuk meningkatkan kualitas rambut.

Kopi efektif hingga 99% untuk mengurangi mikroba penyebab ketombe, scrub kulit kepala kopi dapat mengelupas kulit kepala, dan merangsang akar untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

5. Manfaat Kopi untuk Rambut, Mengatasi Rambut Rontok


Salah satu cara mudah menggunakan kopi untuk rambut adalah dengan menggunakannya sebagai minyak rambut. Ini dapat membantu dalam menutrisi rambut dan kulit kepala.

Meminyaki rambut kamu dengan minyak kopi juga dapat membantu memperkuat rambut yang rontok. Memijat kulit kepala dapat merangsang akar, meningkatkan sirkulasi darah sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut yang rontok. Campuran kopi kuat yang ringan dapat membantu memperkuat rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut dan menyehatkan kulit kepala.

6. Pembersih Rambut


Kotoran dan debu yang menempel di rambut membuat kita harus keramas 3-4 kali seminggu. Bagaimana jika keramas menggunakan kopi?

Membersihkan rambut dan kulit kepala dengan shampo kopi memungkinkan membersihkan rambut secara mendalam. Selain membersihkan, dapat mengontrol rambut rontok dan menutrisi batang rambut.

Jika kamu minum kopi setiap hari, kamu mungkin berasumsi bahwa cangkir harian akan cukup untuk merangsang pertumbuhan rambut atau memperbaiki tekstur dan penampilan rambut. Tapi, untuk mendapatkan efek stimulasi yang sama dengan minum kopi, kamu perlu mengonsumsi sekitar 50 hingga 60 cangkir kopi sehari.